STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN
KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BAHASA ARAB
MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN
A. LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang
harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam,
yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan terdiri atas
tujuh mata pelajaran, yaitu: Akhlak,
Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Tafsir, Hadis, Fikih, dan Ilmu Kalam.
Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi
dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti
ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga
kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan
merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak
bertitik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari
akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma
(aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan
makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup
manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia
dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan
lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam
menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan,
kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang
dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan
perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha
bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan
sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Program Keagamaan yang
terdiri atas dua mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik
sendiri-sendiri. Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan
aspek sejarah kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh Islam
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Arab
di Madrasah Aliyah Program Keagamaan ini beserta mata pelajaran yang menjadi
ciri khas program tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SMA/MA, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
B.
TUJUAN
1. Akhlak
Mata pelajaran Akhlak di Madrasah
Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Mewujudkan manusia
Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan
sehari-hari baik dalam kehidupan
individu maupun sosial.
b. Meningkatkan kemampuan pemahaman, penghayatan,
dan pengamalan peserta didik tentang tasawuf sehingga menjadi muslim yang penuh
tanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa,
dan bernegara.
2.
Sejarah Kebudayaan Islam
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan
norma-norma Islam yang telah dibangun
oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b. Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan
c. Melatih daya kritis
peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada
pendekatan ilmiah.
d. Menumbuhkan apresiasi dan
penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti
peradaban umat Islam di masa lampau.
e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
3.
Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab Madrasah
Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab,
baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak
(istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan
menulis (kitabah).
b.
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab
sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya
dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c.
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara
bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta
didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam
keragaman budaya.
4.
Tafsir
Mata pelajaran Tafsir di Madrasah
Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk :
a. Meningkatkan kecintaan
peserta didik terhadap al-Qur'an.
b. Membekali peserta didik
dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an sebagai pedoman dalam
menyikapi dan menghadapi kehidupan.
c. Meningkatkan pemahaman
dan pengamalan isi kandungan al-Qur'an yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan
tentang al-Qur'an.
d. Meningkatkan kemampuan,
pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang tafsir dan ilmu
tafsir, sehingga dapat membekali mereka dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an
sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar.
e. Meningkatkan pengamalan
peserta didik terhadap isi kandungan al-Qur'an dengan penuh tanggung jawab dan
bijaksana dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,
serta sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih
tinggi.
5.
Hadis
Mata pelajaran Hadis
di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Meningkatkan kemampuan
pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang hadis sehingga menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dan bijaksana dalam
kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
b. Mengenalkan sumber ajaran
atau hukum Islam kepada peserta didik dalam melaksanakan ajaran atau hukum
Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun sebagai anggota
masyarakat.
6.
Fikih
Mata pelajaran Fikih
di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Mengetahui dan memahami
prinsip-prinsip, kaidah-kaidah, dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang
menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam
kehidupan pribadi dan sosial.
b. Melaksanakan dan
mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan
dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia
dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk
lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
c. Mengenal, memahami, dan
menghayati terhadap sumber hukum Islam dengan memanfaatkan usul fikih sebagai
metode penetapan dan pengembangan hukum Islam dari sumbernya.
d. Menerapkan kaidah-kaidah
pembahasan dalil-dalil syara’ dalam rangka melahirkan hukum Islam yang
diambil dari dalil-dalilnya untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Ilmu Kalam
Mata pelajaran Ilmu Kalam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Meningkatkan kemampuan
pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang ilmu kalam
sehingga menjadi muslim yang penuh tanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan
pribadi, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.
b.
Menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga
menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada
Allah SWT.
c. Mewujudkan manusia
Indonesia yang berakhlak mulia sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai
akidah Islam.
C.
RUANG LINGKUP
1. Akhlak
Ruang lingkup mata pelajaran
Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan
meliputi:
Aspek akhlak terdiri atas:
masalah akhlak yang meliputi pengertian akhlak, induk-induk akhlak terpuji dan
tercela, metode peningkatan kualitas akhlak; macam-macam akhlak terpuji seperti
husnuzhan, taubat, akhlak dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu, adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan, akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja; serta pengenalan tentang tasawuf. Ruang lingkup akhlak tercela meliputi: riya,
aniaya dan diskriminasi, perbuatan dosa besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi,
zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba), ishraf, tabdzir, dan fitnah.
2. Sejarah Kebudayaan
Islam
Ruang
lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di
Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi :
a.
Dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode
Madinah.
b. Kepemimpinan umat setelah
Rasulullah SAW wafat.
c. Perkembangan Islam
periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
d. Perkembangan Islam pada
abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)
e.
Perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan
(1800-sekarang)
f.
Perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.
3.
Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab di
Madrasah Aliyah Program Keagamaan terdiri atas bahan yang berupa
wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang المدرسة، المسجد، المسلم، العمل،
الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم، عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه، untuk melatih keempat
aspek kemampuan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
4.
Tafsir
Ruang lingkup mata pelajaran
Tafsir di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi Ilmu Tafsir dan Tafsir.
Bidang Ilmu Tafsir meliputi:
a.
Pengertian tafsir dan lmu tafsir
b.
Sejarah penafsiran al-Qur’an sejak masa Nabi, sahabat,
tabi’in, hingga masa tadwin.
c.
Qira'at al-Qur'an.
d.
Asbaabun nuzaul dan fungsinya dalam penafsiran al-Qur'an
e.
Tafsir bil ma’tsuur dan bir ra’yi
f.
Kaidah-kaidah tafsir al-Qur'an
g.
Metode analisis (tahliili) dan tafsir tematik
(maudhuu’i)
Adapun bidang
Tafsir al-Qur'an berupa ayat-ayat pilihan yang meliputi:
a.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan
bahaya minuman keras
b.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang pendayagunaan akal pikiran,
pentingnya pengembangan ilmu, dan pemanfaatan alam semesta bagi kehidupan
manusia.
c.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang tata cara menyelesaikan
perselisihan, musyawarah, dan ta’aruf dalam kehidupan.
d.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang kepemimpinan, syarat-syarat,
tugas dan tanggung jawab pemimpin.
e.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang pembinaan pribadi dan
keluarga, serta pembinaan masyarakat secara umum.
5. Hadis
Ruang lingkup mata
pelajaran Hadis di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi bidang Ilmu Hadis
dan Hadis. Bidang Ilmu Hadis meliputi:
a.
Pengertian dan macam-macam ilmu hadis.
b.
Sejarah
perkembangan hadis.
c.
Cara menerima dan
menyampaikan hadis.
d.
Pemahaman tentang
pembagian hadis berdasarkan jumlah perawinya, kualitas sanad, dan tempat
penyandarannya.
e.
Macam-macam hadis berdasarkan sifat sanad.
f.
Macam-macam hadis ditinjau dari diterima atau ditolaknya
menjadi hujjah.
g.
Ilmu jarh
dan ta’diil.
h.
Pengenalan
sejarah sigkat pentakhrij hadis yang dikenal sebagai perawi hadis.
i.
Pengenalan
kitab-kitab hadis.
Adapun tema-tema yang dibahas dari
perspektif hadis adalah:
a.
Manusia dan tugasnya sebagai khalifah di
bumi.
b.
Demokrasi.
c.
Keikhlasan dalam beribadah.
d.
Nikmat Allah dan cara mensyukurinya.
e.
Perintah menjaga kelestarian lingkungan
hidup.
f.
Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni
para duafa.
g.
Berkompetisi dalam kebaikan.
h.
Amar ma’ruf nahi munkar.
i.
Ujian dan cobaan manusia.
j.
Tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat.
k.
Berlaku adil dan jujur.
l.
Toleransi dan etika pergaulan.
m.
Etos kerja.
n.
Makanan yang halal dan baik.
o.
Ilmu pengetahuan dan teknologi.
6.
Fikih
Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi bidang
Usul Fikih dan Fikih. Bidang Usul Fikih meliputi:
a.
Mengetahui dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah
dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun
muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
b.
Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan
benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama
Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu
sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan
lingkungannya.
c.
Usul-fikih: pengertian, tujuan mempelajarinya, dan
sejarahnya.
d.
Hukum syara’, sumber hukum Islam yang muttafaq dan
mukhtalaf.
e.
Kaidah-kaidah usul fikih.
f.
Masalah pengembangan hukum Islam.
Adapun kajian Fikih meliputi:
a.
Prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam.
b.
Hukum Islam dan perundang-undangan tentang zakat dan
haji, hikmah dan pengelolaannya.
c.
Hikmah kurban dan akikah.
d.
Ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
e.
Hukum Islam tentang kepemilikan.
f.
Konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya.
g.
Hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan serta harta
beserta hikmahnya.
h.
Hukum Islam tentang wakaalah dan sulhu
beserta hikmahnya.
i.
Hukum Islam tentang dhaman dan kafaalah
beserta hikmahnya.
j.
Riba, bank dan asuransi.
k.
Ketentuan Islam tentang jinayah, huduud dan
hikmahnya.
l.
Ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya.
m.
Hukum Islam tentang keluarga, waris.
n.
Ketentuan Islam tentang siyaasah syar’iyyah.
7.
Ilmu Kalam
Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Kalam adalah mata
pelajaran yang memberi bekal peserta didik untuk memahami pemikiran ulama dalam
hal berakidah yang benar dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ruang
lingkup materi/bahan kajian pelajaran Ilmu Kalam meliputi:
a.
Aspek Kesejarahan
Aspek kesejarahan ini meliputi sub-sub aspek: sejarah
pertumbuhan dan perkembangan ilmu kalam seperti aspek politik, ekonomi,
geografis, munculnya aliran-aliran dalam ilmu kalam dan ketokohan para pemimpinnya.
Aliran-aliran kalam: Khawarij, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Murji`ah,
Salafiyah, Mu`tazilah, Ahlu Sunnah,
Asy`ariyah, dan Maturidiyah.
b.
Aspek Pemikiran
Aspek pemikiran dalam ilmu kalam: seperti batasan mukmin dan
kafir, fungsi wahyu dan akal, kekuasaan, perbuatan, keadilan, dan sifat-sifat
Tuhan, kehendak, kekuasan dan perbuatan manusia, serta pemikiran modern dalam
teologi Islam.
c.
Aspek Akidah
Aspek akidah terdiri atas:
prinsip-prinsip akidah dan metode peningkatannya, al-asma'al-husna, macam-macam tauhid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid
rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid rahmaniyah, tauhiid
mulkiyah dan lain-lain, syirik dan implikasinya dalam kehidupan, pengertian
dan fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, dan
aliran-aliran dalam ilmu kalam (klasik dan modern).
0 komentar:
Posting Komentar